MINDI

 MINDI

Mindi adalah tanaman pohon dari famili Meliaceae. Mindi juga dikenal sebagai renceh (Sumatra) dan gringging, mindi, cakra-cikri (Jawa). Mindi adalah pohon yang bercabang banyak dan kulit batang yang berwarna coklat tua. Batangnya silindris, dan tidak berbanir. Kulit batangnya warnanya abu-abu coklat, beralur membentuk garis-garis dan bersisik.Daunnya majemuk menyirip ganda yang tumbuh berseling dengan panjang 20–80 cm, sedangkan anak daunnya berbentuk bulat telur bergerigi dan berwarna hijau tua di bagian permukaan atas. Bunganya majemuk, dalam malai yang panjangnya 10–20 cm, yang keluar dari ketiak daun. Panjang malai 10–22 cm, dan berkelamin dua, yakni bunga jantan dan betina terletak di pohon yang sama.Daun mahkotanya berjumlah 5, panjangnya 1 cm, warnanya ungu pucat, dan berbau harum. Buahnya berjenis buah batu dan jika masak, warnanya coklat kekuningan. Tumbuhan ini cepat bertumbuh, dalam 2 tahun, tinggi tumbuhan ini mencapai 4-5 meter.

Kulit batang dan kulit akar mindi kecil mengandung toosendanin, margoside, kaemferol, resin, tannin dan trirterpene kulinone sehingga dapat digunakan menyembuhkan cacingan dan hipertensi. Namun, kulit akar tumbuhan ini bersifat beracun dan bisa merangsang muntah.Tumbuhan lain, yakni mindi kecil sering menggantikan mimba. Tapi, manfaat mimba sendiri lebih luas ketimbang mindi.


Menurut penelitian, sifat antelmintik (menghilangkan cacing) bekerja lebih lama ketimbang santonin. Selain itu, infus kulit kayu tumbuhan ini membuat cacing kremi dari tikus lumpuh. Toosendanin tumbuhan ini juga menimbulkan depresi pernafasan.


Kandungan bahan aktif pada daun mindi adalah flavone glicoside, quercitrin, dan kaemferol, selain itu daun tumbuhan ini mengandung protein yang tinggi yang bersifat insektisidal dan bersifat penolak terhadap nematoda. Mindi kecil juga terbukti dapat menekan penyakit bengkak akar yang disebabkan oleh Meloidogyne spp. pada tanaman tomat.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Sapindales

Famili: Meliaceae

Genus: Melia

Spesies:M. azedarach

Komentar

Haikal azriel adi putra 7g mengatakan…
Pohone apik bu
Inas bungah aji vania mengatakan…
Terimakasih sudah mengumpulkan informasi tentang pohon ini
Kirana anjar winarsih 7g mengatakan…
Bagus
Inas bungah aji vania 7g mengatakan…
Bagus👍
Danu ary saputra mengatakan…
Saya bukan robot
Adelia putri wardani mengatakan…
pohon nya bagus dan dan besar dan rindang
Alfia adistia pradana 7G mengatakan…
Terima kasih sudah mengumpulkan informasi tenteng pohon ini
Fany Desti Armadani 7G mengatakan…
Terima kasih sudah mengumpulkan informasi tentang pohon ini
Mindi adalah tanaman pohon dari famili Meliaceae.
Andista avrila rinjani mengatakan…
Informasi yang sangat bagus

SAWO MANILA