PETAI

 PETAI

Selain jengkol, ada satu lagi pohon yang terkenal menghasilkan buah dengan bau menyengat, yaitu petai. Tanaman dengan nama latin Parkia speciosa ini banyak tumbuh di Indonesia, khususnya wilayah barat. Masyarakat Indonesia umumnya memanfaatkan petai untuk lalapan, sambal, dan lauk.

Bagian dari pohon petai yang dijadikan sebagai masakan kuliner adalah bijinya yang terdapat di dalam buah. Meskipun menyebabkan bau mulut yang menyengat dan sulit dihilangkan, ternyata petai mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya sebagai bahan makanan, tetapi juga manfaat dari kandungan-kandungan yang ada di dalamnya.

Petai, pete, atau mlanding merupakan pohon tropis dari suku polongan-polongan. Secara ilimiah, pohon petai memiliki klasifikasi sebagai berikut:


Kingdom Plantae

Divisi Magnoliophyta

Kelas Magnoliopsida

Ordo Fabales

Famili Fabaceae

Subfamili Mimosoideae

Genus Parkia

Spesies  Parkia speciosa

Tidak ada sumber atau rujukan yang menyebutkan secara jelas tentang asal usul pohon petai. Namun ada salah satu spesies pohon petai yaitu Parkia speciosa yang dipercaya berasal dari kawasan Nusantara. Hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya tanaman petai yang tumbuh di Indonesia, terutama bagian barat.

Komentar

SAWO MANILA