KERSEN ATAU TALOK

KERSEN ATAU TALOK



Talok atau kersen adalah buah yang tidak asing bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah pedesaan. Buah dengan nama latin Muntingia calabura L. ini bentuknya bulat, mungil dengan warna cerah serta memiliki rasa dan aroma yang manis.

Di beberapa tempat di Indonesia buah talok memiliki sebutan yang berbeda-beda. Di Madura, Cilacap dan daerah Jawa Tengah lainnya, buah mirip ceri ini disebut sebagai kersen. Orang Belanda dulu menyebutnya dengan istilah Japanese kers atau ‘ceri jepang’.

Kebanyakan anak-anak tempo dulu sangat akrab dengan buah kecil ini. Sebab, pohon kersen sering ditemukan di sekitar kebun yang menjadi area bermain anak-anak. Buah yang matang dengan ciri warna kemerahan adalah buruan utama di sela-sela waktu bermain anak-anak tempo dulu. tak hanya disukai anak-anak, buah yang sebenarnya berasal dari daratan Amerika ini juga menjadi kesukaan burung-burung pemakan buah, seperti burung cabe atau kelompok merbah

Taksonomi

Secara ilmiah, pohon kersen diklasifikasikan sebagai berikut:

Divisi Tracheophyta

Upadivisi Spermatophytina

Klad angiosperms

Klad mesangiosperms

Klad eudicots

Klad core eudicots

Klad superrosids

Klad rosids

Klad malvids

Ordo Malvales

Famili Muntingiaceae

Genus Muntingia

Spesies Muntingia calabura

Karakteristik / Morfologi

Kersen adalah tumbuhan perdu dengan ciri-ciri tumbuh tinggi mencapai 12 meter. Namun umumnya pohon talok yang tumbuh di Indonesia hanya setinggi 3-6 meter saja. Buah ini tergolong buah non-musiman, yaitu buah yang terus berproduksi dan berbunga sepanjang tahun.

Komentar

SAWO MANILA