PEPAYA JEPANG

 PEPAYA JEPANG

Dalam klasifikasi tumbuhan, pepaya Jepang masuk ke dalam genus Manihot bersama Singkong (Manihot utilisima), juga bersama genus Jatropha ( seperti tanaman jarak pagar). Kedua genus ini, tergabung dalam familia Euphorbiaceae (getah-getahan). Tak heran jika batang pepaya Jepang ini mengeluarkan getah jika dipotong.

Sebagian orang menyebutnya bayam pohon (tree spinach) karena rasanya yang mirip bayam. Namun jika dibandingkan dengan bayam, daun pepaya Jepang lebih tinggi kandungan nutrisinya. Dengan perbandingan sebagai berikut : 78% lebih banyak protein, 111% lebih banyak serat, 100% lebih banyak zat besi, dan 242% lebih banyak vitamin C. Selian itu juga mengandung kalsium, zat besi, fosofor, vitamin A, Niacin, dan Riboflavin.

Karena kandungan zat-zat tersebut, tanaman ini memiliki banyak manfaat, antara lain :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Hal ini disebabkan kandungan vitamin C nya yang tinggi (165 – 205 mg / 100 g). Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah dan merangsang produksi sel-sel darah putih. Hal ini akan membantu mengurangi risiko penyakit biasa maupun penyakit kronis.

2. Mencegah Anemia ( Kekurangan Darah)

Kandungan zat besinya yang dua kali lipat lebih tinggi dari bayam sangat berkhasiat untuk pembentukan sel-sel darah merah di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot.

Dalam 100 gram daunnya terdapat 6,2 – 7,4 gram protein. Ini sama artinya dengan dapat memenuhi kebutuhan protein sehari-hari. Dimana protein bermanfaat untuk menjaga massa dan kekuatan otot.

4. Melancarkan Pencernaan.

Kandungan serat di dalam daunnya akan membuat berat dan menambah ukuran feses serta melembutkannya.

5. Menjaga Kesehatan Mata.

Vitamin A yang terkandung di dalamnya sangat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Dalam 100 g daun chaya, terdapat 1.357 IU vitamin A dalam tiap 100 gram daun chaya. Dengan kandungan vitamin A yang demikian, dapat memenuhi sekitar 27% dari kebutuhan vitamin A harian. Di mana vitamin A berfungsi mencegah penyakit mata rabun senja yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kebutaan.

6. Mencegah Diabetes.

Bahwa daun pepaya Jepang dapat menurunkan kadar gula, telah dilakukan penelitianoleh tim peneliti dari Texas A&M University-Kingsville.

Meskipun saat penelitian masih menggunakan hewan sebagai objek penelitiannya.

7. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Menurut penelitian, vitamin A efektif untuk membantu produksi sel sperma. Selain itu, vitamin A juga berkhasiat untuk membantu perkembangan janin.

8. Menjaga Kesehatan Kulit.

Masih terkait dengan kandungan vitamin A yang ada di dalamnya. Vitamin A berpotensi sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit.

Begitu banyak manfaat daun pepaya Jepang bagi kesehatan tubuh. Tetapi adanya Asam Cianida yang juga terkandung di dalam daunnya, tidakkah membahayakan.

Komentar

SAWO MANILA