LERAK

 LERAK

Pohon atau tanaman lerak adalah tumbuhan yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, dari India dan Sri Lanka, Myanmar, Malaysia, Indonesia, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, hingga Tiongkok dan Taiwan. Di Indonesia, daerah penghasil lerak terbesar adalah Kediri dan Madura di Jawa Timur.

Daunnya berwarna hijau, berbentuk bulat telur, berujung runcing, bertepi rata, bertangkai pendek. Lerak berbunga majemuk, terdapat di ujung batang, dan berwarna putih kekuningan. Biji terbungkus kulit cukup keras bulat seperti kelereng, kalau sudah masak warnanya cokelat kehitaman, permukaan buah licin dan mengkilat. Daging buahnya sedikit berlendir dan mengeluarkan aroma wangi. 

Kalau dulu hanya untuk mencuci kain batik, teryata bisa untuk semua pakaian. Apalagi ini busanya ramah lingkungan, beda dengan deterjen pakaian biasanya. Sehingga lingkungan tidak rusak dan tidak tercemar. Lambat laun, banyak ide-ide dan eksperimen muncul. Termasuk dengan membuat lotion anti nyamuk dari tanaman lerak ini. Awalnya, mencoba untuk mencampurkan lotion biasa dengan daging buah lerak, dan dieksperimen ke serangga termasuk nyamuk. awalnya kita eksperimen, ternyata daging buah lerak mengandung biopestisida, sehingga kita buat untuk anti serangga pada awalnya. Dicoba ternyata banyak nyamuk yang tidak suka,” terang Pitrah. Selain itu, daging buah lerak jika dicampur dengan etanol 90%, lalu dikeringkan, Pitrah menjelaskan, bahwa saat dicampurkan ke air bisa membasmi jentik-jentik nyamuk. 

Klasifikasi Ilmiah

Taksonomi

Divisi Tracheophyta

Subdivisi Spermatophytes

Klad Angiospermae

Klad mesangiosperms

Klad eudicots

Klad core eudicots

Klad Superrosidae

Klad rosids

Klad malvids

Ordo Sapindales

Famili Sapindaceae

Genus Sapindus

Spesies Sapindus rarak

Komentar

SAWO MANILA