BUAH MENTEGA

 

Mengenal Bisbul, Buah 'Mentega' khas Bogor

 

Bisbul adalah nama sejenis buah sekaligus tumbuhan penghasilnya. Tumbuhan ini berkerabat dengan kesemek dan kayu hitam.

Nama ilmiahnya adalah Diospyros blancoi A. DC., tetapi sering disebut dengan nama yang tidak sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adalah buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pada daging buahnya ketika masak), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pada kulit buahnya yang berbulu halus), marit (Bahasa Thai), dan velvet apple (Inggris).

Pohon bisbul dapat tumbuh hingga ketinggian 15–32 meter. Diameter batangnya dapat mencapai 80 cm.[1] Berbatang lurus, dengan pepagan berwarna hitam atau kehitaman, diameter hingga 50 cm atau lebih di pangkal batang, bercabang kurang lebih mendatar dan bertingkat, dengan tajuk keseluruhan berbentuk kerucut yang lebat dan rapat daun-daunnya sehingga gelap di bagian dalamnya.[butuh rujukan]

Daun-daun tersusun berseling, berbentuk lonjong, 2,5–12 × 8–30 cm, bertepi rata, dengan pangkal membundar dan ujung meruncing, bertangkai sekitar 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengilap, seperti kulit; sisi bawah berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda sampai merah jambu.

Berumah dua, bunga-bunga jantan tersusun dalam payung menggarpu, 3–7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota berbentuk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan terletak di ketiak daun.

Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5–12 × 8–10 cm, berbulu halus seperti beludru, cokelat kemerahan kemudian merah terang dan lalu agak kusam apabila masak, dengan “topi” dari kelopak bunga yang tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras dan padat, agak kering, manis agak sepat, dan berbau harum; ditutupi kulit buah yang tipis berbulu. Bau keras agak mirip keju dan durian, bagi sebagian orang terasa memualkan, bahkan ada pula yang menyebutkan baunya mirip dengan kotoran kucing. Biji hingga 10 butir, berkulit kecokelatan, berbentuk baji agak mirip keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 cm (di bagian tebalnya).

 KLASIFIKASI ILMIAH

Divisi

Tracheophyta

Subdivisi

Spermatophytes

Klad

Angiospermae

Klad

mesangiosperms

Klad

eudicots

Klad

core eudicots

Klad

asterids

Ordo

Ericales

Famili

Ebenaceae

Genus

Diospyros

Spesies

Diospyros discolor 














Komentar

Syaiful nur afwandi mengatakan…
Ohhh ternyata buah mentega seperti ini
Zendy Pranata mengatakan…
Ternyata pohon buah mentega seperti ini
Oh Ternyata Buah Mentega Berasal Dari Bogor
Oh ternyata pohon buah mentega seperti ini
Dimas ardan firdaus mengatakan…
Terimakasih saya dapat ilmu baru
Wilfan galang annabil mengatakan…
Oh ternyata buah mentega seperti ini
Naeyla ananda mengatakan…
Buah mentega sangat bagus
AVRIL AYUNITA DARA mengatakan…
Saya berterimakasih karna saya jadi tau pohon buah mentega
RETNOWATI 7a mengatakan…
Saya tertarik karena buah nya terlihat enak
Erlita Octa valencia mengatakan…
Saya tertarik kaarena buah nya terlihat enak
KESIYA GITA Olivviana mengatakan…
Saya tertarik karena buah nyg terlihat enak

SAWO MANILA