KANTIL ATAU CEMPAKA PUTIH

 KANTIL ATAU CEMPAKA PUTIH

Cempaka putih atau kantil (Magnolia × alba (D.C.) Figlar & Noot.) adalah salah satu anggota suku Magnoliaceae. Tumbuhan ini dikenal di Indonesia dan beberapa negara tetangganya karena kuncup bunganya sering kali dipakai dalam upacara-upacara tradisional atau ritual tertentu. Secara botani, ia adalah hibrida (hasil persilangan) antara M. champaca dan M. montana. Bunga kantil dipakai sebagai hiasan ronce (biasanya diletakkan di ujung), sesajen, serta diletakkan di daun telinga pengantin pada Suku Jawa atau pendeta. Bunga ini menjadi flora resmi Provinsi Jawa Tengah. Cempaka putih merupakan tumbuhan berkayu yang tingginya dapat mencapai 30 meter. Memiliki daun tunggal berbentuk bulat telur atau hampir lanset. Memiliki bunga berdiri sendiri dengan mahkota berwarna putih dan berbau harum

Klasifikasi Ilmiah

Divisi :Tracheophyta

Subdivisi     : Spermatophytes

Klad : Angiospermae

Klad : magnoliids

Ordo : Magnoliales

Famili : Magnoliaceae

Subfamili : Magnolioideae

Genus : Magnolia

Spesies : Magnolia ×alba E

Tata nama

Basionim : Michelia alba

Kembang kantil kerap dijadikan sebagai salah satu sesajen yang digunakan untuk memanggil makhluk gaib. Sebab, aroma kembang kantil konon sangat disukai oleh makhluk halus. Kembang kantil juga biasa dipakai untuk memanggil makhluk gaib pada acara kesenian daerah seperti kuda lumping.

Berikut beberapa mitos yang berkaitan dengan kembang kantil, silakan pembaca untuk menyikapi dengan bijak. 

1. Bunga Favorit Kuntilanak

Mayoritas masyarakat Indonesia tentu pernah mendengar istilah kuntilanak. Konon, kuntilanak menyukai aroma kembang kantil. Bahkan, makhluk halus itu juga dipercaya senang mendiami pohon kembang kantil. Oleh karena itu, aroma bunga kantil sering dikaitkan dengan kehadiran kuntilanak.

2. Media Pelet yang Ampuh

Kembang kantil sering dijadikan sebagai media pelet yang ampuh. Kembang kantil dipakai sebagai susuk pembuka aura bagi wanita yang ingin memikat lawan jenis. Pelet kembang kantil dipercaya bisa membuat korbannya seperti dijampi-jampi atau selalu ingat kepada orang yang memakai pelet..Jika dimakan mentah-mentah, kembang kantil juga dianggap dapat membuat seseorang jadi awet muda.

3. Sarana Memanggil Makhluk Gaib

Di zaman modern ini, masih banyak orang yang melakukan ritual pemanggilan makhluk gaib. Kembang kantil kerap dijadikan sebagai salah satu sesajen yang digunakan untuk memanggil makhluk gaib. Sebab, aroma kembang kantil konon sangat disukai oleh makhluk halus. Kembang kantil juga biasa dipakai untuk memanggil makhluk gaib pada acara kesenian daerah seperti kuda lumping.

4. Penolak Bala atau Santet

Santet atau bala merupakan energi negatif yang dikirimkan secara gaib untuk menyakiti atau mencelakakan korban. Kembang kantil dipercaya bisa menjadi media untuk menolak segala jenis kiriman negatif. Namun, hanya orang-orang tertentu saja yang dianggap mampu memanfaatkan kembang kantil sebagai penolak bala.

5. Pendeteksi Keperawanan Wanita

Meski terdengar sedikit konyol, namun banyak masyarakat yang percaya jika kembang kantil dapat mendeteksi keperawanan wanita. Khususnya, masyarakat yang hendak melaksanakan pernikahan dengan adat Jawa. Ketika kembang kantil yang dipasangkan ke tubuh calon mempelai wanita tidak menebarkan aroma harum dan terlihat mekar, artinya calon mempelai wanita sudah tidak perawan. Sedangkan jika kembang kantil tersebut tetap harum dan kuncup, artinya calon mempelai wanita masih perawan.


6. Penangkal Sawan

Sawan adalah keadaan saat makhluk halus dianggap menempel pada tubuh bayi atau anak-anak sehingga membuat mereka menangis, rewel, hingga demam. Nah, kembang kantil dipercaya dapat menjadi penangkal sawan pada bayi dan anak-anak. Caranya, selipkan kembang kantil di tubuh bayi atau anak-anak untuk mencegah sawan. Selain itu, kembang kantil juga bisa diselipkan pada pusara orang yang baru meninggal agar arwahnya tidak mengikuti orang yang masih hidup.

7. Pelancar Usaha

Kembang kantil juga dipercaya dapat digunakan sebagai pelancar usaha. Namun, mitos ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu dengan melakukan ritual khusus. Pemanfaatan kembang kantil untuk melancarkan usaha ini hampir sama dengan ritual pesugihan.

8. Penambah Kekuatan dan Kewibawaan

Selain dijadikan sebagai pelet oleh wanita, kembang kantil juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan dan kewibawaan pria. Kekuatan dan kewibawaan ini dianggap dapat memudahkan pria dalam menaklukkan hati lawan jenis.

Komentar

Fajar mengatakan…
Saya baru tau
Ganesha mengatakan…
Terima kasih ilmunya Bu saya baru mengetahuinya
Ferdi mengatakan…
Saya baru tahu
Alexandra putra dinata mengatakan…
Terimakasih sya dapat ilmu baru
Era widya yulista mengatakan…
Saya baru pertama kalih lihat pohon kantil
fany febiana mengatakan…
saya baru tahu nama lain pohon kantil
Feby Candra Widanti mengatakan…
Terima kasih atas artikelnya
Adam masrikin fauzi mengatakan…
Terima kasih saya baru tau
Aqilla Dwi Herliana 7B mengatakan…
Terimakasih atas infonya
Alexandria La Yosan mengatakan…
Terimakasih bu atas artikelnya
Anonim mengatakan…
Blok ini sangat bagus sekali terimakasih
China afla chiya mengatakan…
Trimakasih atas artikelnya
Anisatul azzahra mengatakan…
Terimakasih atas pengetahuanya
KESIYA GITA Olivviana mengatakan…
Saya berterima kasih kepada bu tarti yang sudah mem erikan materi ini saya menjadi tahu tentang bunga kantil atau cempaka putih
Erlita Octa valencia mengatakan…
Saya berterima kasih kepada Bu Tarti yang sudah memberikan materi ini saya menjadi tahu tentang bunga kantil atau cempaka putih
Taraa mengatakan…
Terimakasih udah bisa tau tentang pohon ini,, 7b

SAWO MANILA